Klaten, 25 Juli 2025 – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kelompok 108 periode Juli–Agustus 2025 mengadakan kegiatan “Edukasi dan Literasi Dampak AI (Artificial Intelligence) di Media Sosial” pada Jumat (25/7/2025) pukul 19.30 WIB bertempat di Balai RW 06 Gandekan, Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan agenda perkumpulan pengurus RW 06 Gandekan, dengan sasaran utama para warga desa yang sudah berkeluarga, khususnya para kepala keluarga. Hal ini bertujuan agar peserta dapat meneruskan edukasi kepada anak-anak dan keluarganya mengenai pentingnya bersikap kritis dalam menggunakan media sosial.
Materi disampaikan oleh salah satu mahasiswa KKN UNS Kelompok 108 dari Program Studi Ilmu Komunikasi. Sosialisasi ini menyoroti fenomena perkembangan teknologi AI, termasuk munculnya teknologi terbaru VEO 3, yang mampu menghasilkan video menyerupai video asli dan sulit dibedakan dengan konten nyata. Fenomena ini sempat membuat jagat media sosial heboh dan menimbulkan potensi penyebaran informasi yang menyesatkan.
Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diperlihatkan contoh hasil video buatan AI dengan VEO 3 untuk memberikan pemahaman langsung tentang bagaimana teknologi ini bekerja. Pemapar materi dari Tim KKN juga menekankan bahwa meskipun video AI terlihat realistis, masih terdapat kekeliruan yang dapat dikenali, seperti adanya kesalahan teks (typo) atau detail visual tertentu. Dengan pemahaman ini, diharapkan masyarakat tidak mudah percaya maupun menyebarkan informasi hoaks di media sosial.
Acara berlangsung dengan format pemaparan materi, penayangan contoh video, serta sesi tanya jawab interaktif yang membuat warga semakin antusias. Para peserta aktif berdiskusi mengenai cara mengedukasi keluarga, terutama anak-anak, agar lebih bijak dalam memilah informasi di era digital.
Melalui kegiatan ini, KKN UNS Kelompok 108 berkomitmen untuk mendukung peningkatan literasi digital masyarakat desa sebagai salah satu bentuk nyata kontribusi mahasiswa dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi, sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4, Pendidikan Berkualitas.
Penulis: Meisyafa Setyawan